Ayub 20:19
Konteks20:19 Karena ia telah menghancurkan orang miskin, b dan meninggalkan mereka terlantar; c ia merampas rumah d yang tidak dibangunnya.
Ayub 31:16
Konteks31:16 Jikalau aku pernah menolak keinginan orang-orang kecil, s menyebabkan mata seorang janda t menjadi pudar, u
Amsal 17:5
Konteks17:5 Siapa mengolok-olok orang miskin 1 u menghina Penciptanya; v siapa gembira karena suatu kecelakaan w tidak akan luput dari hukuman. x
Amsal 22:22
Konteks22:22 Janganlah merampasi orang lemah, l karena ia lemah, dan janganlah menginjak-injak orang yang berkesusahan di pintu gerbang. m
Yesaya 11:4
Konteks11:4 Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah h dengan keadilan, i dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas j di negeri dengan kejujuran; k ia akan menghajar l bumi 2 dengan perkataannya m seperti dengan tongkat, dan dengan nafas n mulutnya ia akan membunuh orang fasik. o
Yesaya 41:17
Konteks41:17 Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air, x tetapi tidak ada, lidah mereka kering kehausan; y tetapi Aku, TUHAN, akan menjawab z mereka, dan sebagai Allah orang Israel Aku tidak akan meninggalkan a mereka.
Yesaya 61:1
Konteks[17:5] 1 Full Life : MENGOLOK-OLOK ORANG MISKIN.
Nas : Ams 17:5
Lihat cat. --> Ams 14:31.
[atau ref. Ams 14:31]
[11:4] 2 Full Life : IA AKAN MENGHAJAR BUMI.
Nas : Yes 11:4
Ayat ini mengacu kepada kedatangan kembali Kristus ke dunia untuk menghukum dan membinasakan segala yang jahat (bd. 2Tes 1:6-10; 2:8; Wahy 19:1-21). Kedatangan kembali untuk mengadakan pembalasan yang adil ini diperlukan untuk menetapkan pemerintahan-Nya yang sempurna dan benar.
[61:1] 3 Full Life : ROH TUHAN ALLAH ADA PADA-KU.
Nas : Yes 61:1-3
Gambaran Mesias dan pengurapan-Nya ini berhubungan dengan tugas atau pelayanan-Nya
(lihat cat. --> Yes 11:2-3
[atau ref. Yes 11:2-3]
di mana Yesaya melukiskan sifat dan keunggulan rohani-Nya dengan lebih langsung). Ketika Yesus memulai pelayanan-Nya, Ia mengutip ayat-ayat ini dan menerapkannya pada diri-Nya sendiri (Luk 4:18-19). Untuk menunaikan pelayanan-Nya, Yesus diurapi oleh Roh Kudus (bd. Yes 11:2; 42:1). Pelayanan-Nya yang terurapi mencakup
- (1) pemberitaan Injil kepada orang miskin, rendah hati, dan tersiksa;
- (2) menyembuhkan dan merawat mereka yang secara rohani dan jasmaniah sakit dan hancur hati;
- (3) membuka belenggu-belenggu kejahatan dan memberitakan pembebasan dari dosa dan penguasaan Iblis; dan
- (4) membuka mata rohani orang terhilang sehingga mereka dapat melihat terang Injil dan selamat. Tujuan empat ganda ini menandai seluruh pelayanan Yesus Kristus, dan akan terus digenapi oleh gereja selama berada di bumi.
[61:1] 4 Full Life : ROH TUHAN ALLAH ADA PADA-KU.
Nas : Yes 61:1
Ada sekilas petunjuk tentang ajaran Trinitas di dalam ayat ini: Tuhan Allah, Roh, dan Aku (yaitu Yesus;
lihat cat. --> Mr 1:11).
[atau ref. Mr 1:11]